Kiat Memelihara Kesehatan Prostat

>> Tuesday, March 16, 2010

Pada pria paruh baya, kelenjar prostat akan cenderung membesar. Benign prostatic Hyperlapsia akan meningkat seiring bertambahnya usia.  Pembesaran ini bisa menyebabkan saluran kencing terjepit, menyebabkan masalah saat kencing hingga menurunnya kelenturan dan kepekaan reseptor saraf kadung kemih. Sayangnya penyebab pembesaran prostat belum diketahui hingga hari ini. Tapi beberapa tindakan dibawah ini bisa dilakukan untuk memelighara kesehatan prostat anda:

Kelola stress

Stress menyebabkan otot disekitar panggul anda menegang. Ini bisa menyebabkan gangguan pada prostat akibat terjepit oleh pembengkakan yang terjadi. Kelola stress dengan langkah-langkah berikut ini: kenali faktor penyebab, lakukan relaksasi, alihkan perhatian, lakukan perenggangan dan pelemasan otot, cuci muka agar badan tidak tegang, hempaskan badan ke sofa dan rileks sejenak.

Ubah pola makan

Anda bisa mencegah gangguan prostat termasuk kanker prostat dengan mengatur pola makan untuk membantu memperbaiki metabolisme tubuh. Lakukan beberapa hal berikut:
Konsumsi makanan rendah lemak
perbanyak serat
hindari gula pasir, tepung olahan dan zat tambahan
kurangi makanan penyebab alergi
minum delapan gelas air putih sehari

Olah raga cukup dan teratur


Sejumlah penelitian yang dilakukan di havard Medical College, AS, menyebutkan bahwa pria tetap aktif berolahraga sepanjang hidupnya memiliki peluang kecil terserang masalah prostat. Olah raga ringan dan teratur akan melunakan otot yang melingkari prostat. Olah raga seperti jalan kaki, bersepeda, berenang, taichi, yoga dan aerobik sangat cocok untuk menjaga kesehatan prostat

Olah raga mental

Olah raga mental adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan mood atau memperbaiki kondisi mental setiap hari. Membaca, bersosialisasi, menekuni hobi termasuk beberapa contoh olah raga mental yang bisa anda lakukan. olahraga mental akan mengurangi stress dan berdampak pada kesehatan prostat anda.

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP