Pterygium, Daging Tumbuh di Mata

>> Friday, March 5, 2010

Mata adalah organ tubuh yang sangat penting. Jika mata mengalami gangguan, maka hal ini akan sangat mengganggu aktifitas dari pemiliknya. Mata adalah jendela dunia. Banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan masalah mata, salah satunya adalah adanya daging yang tumbuh di bola mata, atau yang kita kenal dengan istilah pterygium.


Pterygium adalah pertumbuhan fibrous berbentuk selaput tipis dari jaringan bagian putih mata dan mengalami pembesaran ke arah kornea. Umumnya pterygium tidak bertumbuh ataupun membesar, namun kelainan bisa terjadi hingga pterygium menutupi bagian kornea mata. penyebabnya sampai saat ini belum begitu jelas. namun secara statistik, penyakit ini banyak menimpa para pekerja out door yang banyak melakukan aktivitas di luar ruangan, hingga lebih sering terkena sinar matahari, angin dan debu. Oleh karena itu penyakit ini lebih banyak dijumpai di daerah tropis.

Faktor Resiko

Faktor yang menjadi resiko adalah debu, pasir dan partikel-partikel yang terbawa oleh angin. Pterygium jarang diderita oleh anak-anak.
penyebab yang lain adalah berbagai zat iritan, faktor genetik, alergi, kekeringan pada mata, faktor angiogenik, dan infeksi papilomavirus.

Gejala Pterygium

Gejala primer dari penyakit ini adalah, terasa ada butiran pasir di bola mata. Dan ketika dilakukan pemeriksaan akan ditemukan bintik yang tumbuh dengan warna merah akibat ada pembulu darah yang terganggu. Mata akan terasa tidak leluasa untuk melihat, merah dan berair.

Bagaimanakah cara menghalangi pertumbuhan pterygium yang berlebihan?

  • Sebagai pencegahan, langkah terbaik adalah dengan menghindari faktor resiko. Gunakan sun glasses atau topi lebar saat melakukan aktivitas di ruang terbuka.
  • Menggunakan obat tetes mata khusus.
  • Memeriksakan mata kita secara rutin ke dokter mata untuk mengetahui adanya gejala ataupun gangguan pada mata kita.
Apakah akibat terkena pterygium?

Bila pterygium semakin besar, akan dapat menyebabkan astigmatisma atau silau. Ada pterygium yang tumbuh secara perlahan, namun ada pula yang tumbuh secara cepat. Bila pterygium telah meliputi bagian tengah kornea, penglihatan akan menjadi kabur.

Jika terpaksa, atau sudah ada bintik yang tumbuh di area kornea, apalagi mendekati tepi pupil mata, maka satu-satunya jalan adalah dengan melakukan pembedahan. Sebab jika masalah ini dibiarkan akan mengganggu pandangan penderita. Operasi pengambilan pterygium relatif aman. jadi anda tidak perlu khawatir untuk melakukannya. Operasi pterygium dilakukan dengan pembiusan lokal, dengan cara menyuntikkan obat kejaringan pterygium yang sebelumnya juga sudah ditetesi anti rasa sakit. Selama operasi tidak terasa sakit. Perawatannya tentu saja mencegah supaya tidak terjadi infeksi, jangan terkena air selama 1 minggu, jangan terkena debu juga. Biaya pembedahan ini cukup murah. Paska operasi biasanya akan diberikan terapi lanjut seperti penggunaan sinar radiasi B atau terapi lainnya.

3 comments:

Arif Gunawan December 3, 2012 at 7:23 AM  

apakah ada kemungkinan pterygium dapat tumbuh lagi setelah dilakukan pembedahan?

Post a Comment

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP